Ukuran Keragaman Dalam Analisis Statistik Deskriptif

Ukuran Keragaman Dalam Analisis Statistik Deskriptif

Bisa dikatakan bahwa analisis statistik deskriptif adalah salah satu bentuk pengolahan data yang paling umum digunakan dan juga paling mendasar. Jenis analisis statistik ini nantinya akan menghadirkan data yang diperlukan setelah pengolahan.

Perihal penyajian data dengan statistik deskriptif, ada beberapa media yang digunakan. Umumnya, beberapa media yang digunakan tersebut adalah tabel, pie chart, info grafis dan lainnya. Namun, sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi yang mumpuni, penyajian info grafis statistik deskriptif dibuat dengan menggunakan video.

Ragam Ukuran Keragaman Statistik Deskriptif

Berbincang tentang statistik deskriptif, ada ukuran keragaman yang harus diketahui. Ukuran keragaman ini adalah salah satu ukuran yang digunakan dalam penyajian data statistik deskriptif, terutama terkait dari sebaran data tersebut. Nah, dengan ukuran keragaman, kondisi dari sebaran data yang dimiliki bisa diketahui dengan baik.

Pemahaman ini nantinya akan memungkinkan untuk dilakukan analisis terkait sejauh mana data tersebut tersebar. Jika sebaran data cenderung rendah, maka data tersebut tidak tersebar jauh dari pusatnya dan juga sebaliknya.

Terkait ukuran keragaman tersebut, ada beberapa nilai pengukuran yang bisa digunakan. Beberapa nilai tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Range

Range atau seringkali disebut rentang adalah selisih dari nilai terbesar dan nilai terkecil dari data yang dimiliki. Dalam kasus analisis statistik deskriptif, bisa dikatakan jika range merupakan hal yang cenderung paling sederhana dan paling mudah dipahami dalam ukuran penyebaran. Range akan menunjukkan berapa jauh sebaran tersebut dengan mengabaikan bentuk dari distribusi.

  • Quartiles range

Quartiles range disebut juga dengan istilah rentang kuartal. Ukuran keragaman ini adalah penyebaran yang membagi data menjadi 4 bagian. Sesuai dengan namanya, pembagian data dilakukan dengan besaran 25% dari setiap bagian. Adapun jenis dari quartiles range tersebut adalah sebagai berikut:

  • Q1 atau kuartal bawah adalah kondisi yang memuat 25% dari data yang memiliki nilai paling rendah
  • Q2 atau kuartal tengah adalah kondisi yang membagi data menjadi 2 bagian yang sama besar yaitu 50% terkecil dan 50% terbesar. Q2 seringkali disebut dengan istilah median
  • Q3 atau kuartal atas adalah kondisi yang memuat 25% dari data yang memiliki nilai paling tinggi
  • Persentil

Persentil adalah ukuran lain dari ukuran keragaman yang dimiliki. Dalam hal ini, persentil akan membagi data menjadi 100 bagian yang sama besar.

  • Desil

Desil merupakan ukuran keragaman analisis statistik deskriptifyang akan membagi data menjadi 10 bagian dengan sama besar.

  • Varians

Jenis ukuran keragaman yang lain adalah varians. Dalam hal ini, varians merupakan ukuran dari seberapa jauh persebaran dari nilai rata-rata. Semakin kecil nilai dari varians, maka semakin dekat sebaran data dengan rata-rata. Sebaliknya, semakin besar nilai varian, maka semakin besar pula sebaran data dari nilai rata-rata.

  • Standar deviasi

Standar deviasi adalah ukuran ain dari sebaran data terhadap nilai rata-rata. Jika menggunakan varians, maka nilai yang akan didapatkan akan menjadi sangat besar dan nilai tidak akan mampu menggambarkan bagaimana sebaran sebenarnya terkait rata-rata tersebut.

  • Skewness

Skewness adalah ukuran yang menunjukkan bagaimana ketidak sesuaian data dari rata-rata. Ada beberapa kondisi terkait skewness seperti:

  • SK > 0 artinya kurva dikatakan melenceng ke kanan atau positif
  • SK = 0 artinya kurva normal
  • SK < 0 artinya kurva melenceng ke kiri atau negatif

Beberapa hal di atas adalah ukuran keragaman dalam analisis statistik deskriptif. Pemahaman tentang ukuran keragaman akan membuat proses analisis bisa dilakukan dengan lebih baik dan maksimal.

admin