Perkembangan Janin 13 Minggu Yang Menakjubkan
Parenting

Perkembangan Janin 13 Minggu Yang Menakjubkan

Bagi ibu hamil memantau perkembangan bayi menjadi hal yang menyenangkan. Setiap minggunya, janin akan berkembang dengan cepat. Dari yang berbentuk ovum hingga manusia sempurna yang siap dilahirkan. Di usia kehamilan 13 minggu, mom berada di akhir trimester satu dan akan masuk ke trimester dua. Di usia ini janin panjangnya sekitar 7 cm dan beratnya mencapai 30 gram. Mungkin anda ingin tahu seperti apa perkembangan janin 13 minggu yang menakjuban ini.

Plasenta Menghasilkan Hormon Untuk Janin

Masuk ke usia 13 minggu masa kehamilan, plasenta semakin berkembang dengan baik. plasenta fungsinya untuk pemasok nutrisi, oksigen dan juga mengolah kotoran janin. Di usia ini plasenta sudah menghasilkan estrogen dan progesteron untuk menjaga kehamilan. Wajah janin sudah hampir sempurna. matanya sudah bisa tertutup dan terbuka. Bahkan bisa meletakkan ibu jari ke mulutnya.

Pita Suara dan Usus Mulai Berkembang Dengan Baik

Pita suara dan usus semakin berkembang dengan baik. usus bayi sebenarnya mulai tumbuh di tali pusar bayi. Setelah usia 13 minggu, mulai berpindah ke tempat yang nyaman yaitu dibagian perut bayi. Dibagian pita suara pun semakin berkembang lagi. pita suara inilah yang akan membantu bayi bersuara setelah dilahirkan.

Selain perubahan pada janin. Di usia 13 minggu juga mengalami perubahan pada tubuh ibu. Setiap minggunya ibu juga akan mengalami banyak perubahan. Tidak hanya perut yang membesar saja. tapi juga bagian tubuh lainnya. seperti

Keputihan

Keputihan pada masa kehamilan merupakan kondisi yang normal. Namun terkadang mengganggu kenyamanan. Di usia 13 minggu,keputihan moms akan semakin meningkat. Bila lendirnya tidak berdarah masih dalam kondisi normal. Meningkatkan keputihan ini dikarenakan meningkatnya produksi hormon estrogen. Keputihan masa kehamilan berfungsi untuk melindungi saluran lahir dari infeksi serta menjaga keseimbangan bakteri.

Berhubungan Seks Yang Tidak Nyaman

Di usia 13 minggu, anda akan merasa kurang nyaman saat berhubungan seks. Anda tidak bisa berhubungan seks sembarangan. Apalagi posisinya kurang pas. Akan terasa nyeri di area panggul bahkan mengalami mual-mual. Cobalah untuk membicarakan dengan pasangan anda. sehingga bisa menemukan posisi yang pas untuk kedua belah pihak.

Walaupun bentuk janin sudah hampir sempurna. ibu harus tetap menjaganya dengan baik. karena di usia 13 minggu, kemungkinan keguguran pun masih tinggi. tetaplah konsumsi vitamin kehamilan. Yang membantu mengoptimalkan perkembangan janin dan juga tubuh ibu lebih sehat. Pilihlah suplemen yang paling cocok buat anda.

Bila ingin berolahraga harus berhati-hati. Pilih olahraga ringan dan tidak mengganggu aktivitas janin. Anda bisa melakukan yoga sambil melatih napas. jangan lupa untuk tetap mengunjungi bidan atau dokter kandungan. sehingga bisa memantau perkembangan janin 13 minggu dengan baik.