Penyebab Sakit Nyeri Punggung Bawah Saat Hamil

Penyebab Sakit Nyeri Punggung Bawah Saat Hamil

Sakit nyeri punggung bawah saat hamil seringkali terjadi dengan beberapa penyebab. Rasa sakit tersebut pada umumnya ditandai dengan gejala sakit yang timbul pada area tulang punggung bagian bawah dan sekitar pinggang.

Sesuai dengan struktur tubuh, tulang punggung pada bagian bawah terdiri dari otot, tulang punggung, serta ligamen.

Pada bagian tubuh ini memiliki peranan penting sebagai penopang tubuh untuk dapat berdiri tegak.

Terutama pada wanita hamil yang memiliki beban lebih berat, tentu tulang punggung memiliki tugas yang dua kali lebih berat dari fungsi normalnya.

Penyebab Sakit Nyeri Punggung Bawah Saat Hamil 

Pada ibu hamil memiliki resiko tinggi mengalami sakit nyeri punggung bawah. Hal ini diakibatkan pada punggung bagian bawah akibat adanya beban pada kandungan.

Pada punggung bawah, lapisan otot serta saraf yang berfungsi sebagai penopang beban seiring perkembangan janin akan semakin tertekan.

Sakit nyeri punggung bawah akan merambat menuju bagian paha dan pantat, bahkan dapat menjalar hingga ke kaki.

Selama masa kehamilan, punggung bawah akan terasa nyeri dan sakit yang disebabkan adanya saraf yang tertekan.

Saraf bagian ini memiliki fungsi menerima rangsangan serta mempermudah pergerakan bagian tubuh lain.

Perlu anda ketahui, tulang punggung bagian bawah dilindungi adanya bantalan saraf yang berada di rongga bagian tulang belakang.

Tidak hanya pada wanita hamil saja, kondisi sakit semacam ini dapat dirasakan oleh semua orang.

Baik anak-anak hingga usia dewasa, baik laki-laki dan perempuan. Akan tetapi, intensitas rasa nyeri yang dirasakan berlainan dari setiap orang.

Penyebab Sakit Nyeri Punggung Bawah Saat Hamil

Kehamilan dapat membuat tubuh mengalami banyak perubahan. Diantaranya adanya perubahan hormon serta otot-otot panggul.

Adanya beberapa perubahan tersebut dapat menyebabkan sakit nyeri punggung bawah. Pada umumnya, ketidaknyamanan tersebut terjadi pada trisemester kedua kehamilan.

Adapun beberapa penyebab sakit punggung bawah saat hamil antara lain:

Pertambahan Berat Badan

Bumil yang kondisinya sehat tentu akan mengalami kenaikan bobot badan. Tulang belakang yang memiliki tugas sebagai penopang tubuh akan semakin terbebani dengan penambahan berat badan tersebut.  Hal inilah yang menimbulkan sakit nyeri punggung bawah saat hamil.

Perubahan Hormon

Pada saat hamil, tubuh akan memproduksi hormon relaksin yang memungkinkan ligamen menjadi rileks serta mengakibatkan persendian menjadi longgar. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan persalinan.

Ligamen serta otot yang menopang tulang belakang tentu ikut terkena dampak hormon tersebut. Maka ligamen serta otot di sekitar panggul akan menjadi longgar sehingga muncul rasa nyeri pada punggung bawah.

Perubahan Postur Tubuh  

Kehamilan dapat menggeser titik berat atau pusat gravitasi tubuh, sehingga bentuk tubuh, cara duduk, cara berjalan, hingga posisi tidur akan mengalami perubahan.

Selain itu, berdiri terlalu lama, tidur telentang, serta membungkuk untuk mengambil benda akan semakin memperparah sakit punggung. Dengan posisi yang kurang benar tersebut, dapat menimbulkan sakit nyeri punggung bawah saat hamil.

Pertumbuhan Janin

Semakin besar usia kandungan, maka semakin besar pula ukuran janin di dalamnya. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap ukuran rahim.

Pertumbuhan janin di dalam rahim akan semakin menekan pembuluh darah serta saraf sekitar panggul serta punggung sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

Hal lain yang dapat menyebabkan rasa sakit nyeri punggung bawah saat hamil adalah mengalami stress saat hamil, jarang berolahraga, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, anda harus benar-benar menjaga kehamilan anda dari berbagai hal yang dapat menyebabkan sakit nyeri punggung bawah.

admin