Nestle, Ciptakan Kemitraan untuk Manfaat Bersama
Others

Nestle, Ciptakan Kemitraan untuk Manfaat Bersama

Nestle adalah sebuah perusahaan global yang tidak hanya berkewajiban untuk beroperasi secara bertanggung jawab, namun juga berkesempatan untuk menciptakan manfaat jangka panjang bagi semua masyarakat. Maka dari itu, Nestle membuat program yang disebut dengan Creating Shared Value, atau menciptakan manfaat bersama dengan masyarakat.

Kemitraan Nestle dengan Petani Kopi di Lampung

Nescafe adalah salah satu produk yang masuk ke dalam grup Nestle. Saat ini, Nescafe menjadi salah satu merek kopi terbesar di dunia, maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen Nescafe mendirikan pabrik di Lampung pada tahun 1979. Hal ini karena Lampung adalah wilayah pengekspor biji kopi terbesar di Indonesia.

Tahun 1994, Nestle Indonesia memutuskan kerjasama dengan para petani langsung untuk mendapatkan rasa yang tepat dan baik langsung dari sumbernya. Hal ini dimulai dengan mendirikan sebuah tim yang berdedikasi penuh yaitu Departemen Agri Service. Para ahli dalam hal pengelolaan kopi bekerja dengan petani untuk memperkenalkan teknik-teknik dalam pengelolaan panen dan pasca panen.

Adanya program ini membuat para petani berantusias mengikuti kegiatan, jadi jumlah panen juga meningkat dua kali lipat. Hal ini merupakan sebuah kemitraan yang saling menguntungkan dan menciptakan manfaat antara Nestle dan para petani kopi yang bekerja keras untuk kehidupan mereka.

Kemitraan Nestle dengan Peternak Sapi Perah

Produk pertama susu Nestle diproduksi di Indonesia pada tahun pertama berdirinya pabrik Nestle di Indonesia, yaitu pada tahun 1971 di Waru, Jawa Timur. Namun, Nestle baru saja membeli bahan baku dari para petani lokal pada tahun 1975, dimana awalnya mereka memasok susu sapi kepada Nestle melalui sebuah koperasi susu.

Kemitraan Nestle dengan peternak susu sudah berlangsung lebih dari 40 tahun ini melibatkan 27.000 peternak melalui 41 koperasi susu yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur. Hal ini membuat Nestle dapat menyerap sebanyak 500.000 liter susu sapi segar setiap hari dan menghasilkan produk susu berkualitas unggulan Nestle.

Kemitraan ini adalah bagian dari Nestle untuk menciptakan manfaat dengan peternak sapi perah. Kemitraan ini akan memastikan keberlanjutan pasokan bahan baku berkualitas tinggi bagi Nestle dan akan membuka akses serta pasar dan dukungan yang diperlukan para peternak untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Selain itu, Nestle juga memberikan pendampingan finansial dan teknis kepada para peternak untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas susu segar yang dihasilkan. Peternak-peternak yang bekerja sama dengan Nestle akan diberikan pelatihan tentang praktik peternakan sapi yang baik dan berkelanjutan. Tak hanya itu, petani juga akan diberikan dukungan finansial untuk melengkapi perlengkapan peternakan dan memperbaiki kandang sapi.

Nah, itulah beberapa kemitraan Nestle bersama masyarakat untuk menciptakan manfaat bersama. Selain kedua program kemitraan tersebut, Nestle juga menyediakan pendidikan tentang aktivitas fisik, gizi dan lingkungan bagi anak-anak melalui program Healthy Kids.