Manfaat Mendisiplinkan Anak sejak usia dini

Manfaat Mendisiplinkan Anak sejak usia dini

Kedisiplinan anak diterapkan dengan pola asuh positif yang dimulai sejak dini.  Ketika anak berusia di bawah 5 tahun. Pada usia tersebut anak mulai menyerap pengetahuan dengan mengeksplorasi dan mencari tahu berbagai hal. Lalu apa saja manfaat disiplin untuk anak.

Menanamkan Kepedulian

Anak jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin membuat anak memiliki integritas, selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik dan mudah mempelajari sesuatu.

Merangsang Kepekaan

Anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap-sikap seperti ini akan memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk ortunya. Hasilnya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.

Percaya diri

Percaya diri sangat baik kehidupan manusia. Dimulai sejak usia dini kepercayaan diri akan jadi pondasi masa depan yang baik. Ketika anak sudah percaya diri, dia akan mampu mengerjakan sesuatu. Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan tidak membentak anak ketika dia salah.

Belajar Mandiri

Ketika sudah percaya diri, anak akan mudah menentukan apa yang dipenuhi oleh dirinya sendiri. Namun tetap dengan pengawasan orang tua agar kemandiriannya ada pada jalur yang tepat. Jika ia mampu menyerap disiplin yang dicontohkan orang tuanya, maka disiplin sejak dini akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif.

Patuh dan Tertib

Penerapan Disiplin sangat baik untuk anak dan kehidupannya dalam sebuah sistem. Dengan kepatuhan anak akan tahu memposisikan diri dalam lingkungannya. Selain itu anak juga tahu tentang apa-apa yang harus dijalani dan apa yang tak boleh dilanggar. Meski begitu, anak akan selalu diberi keleluasaan apa yang dia mau dan orang tua harus mencari jalan tengah jika berlawan dengan yang orang tua mau.

Disiplin harus mulai diterapkan kepada anak, namun ingat jangan sampai terlihat kasar karena anak akan merasa tertekan dan tidak baik untuk anak. Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting terhadap tumbuh kembang anak.

Baca Juga : Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak

admin