Kenali Riwayat Alergi Pada Kulit Berikut Penyebabnya

Kenali Riwayat Alergi Pada Kulit Berikut Penyebabnya

Alergi adalah respons imunitas terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh akan memproduksi antibodi supaya alergen tidak menimbulkan penyakit. Seseorang yang memiliki riwayat alergi, tubuhnya akan merespons untuk memproduksi antibodi sekalipun itu tidak berbahaya. Akibat lebih lanjut akan memicu reaksi peradangan yang didorong produksi histamin.

Kulit adalah organ tubuh yang paling sering mendapatkan reaksi alergi, paling banyak disebabkan oleh makanan yang tidak cocok. Hal lain juga bisa karena sebab kedinginan atau bahkan alergi terhadap obat-obatan jenis tertentu.

Faktor Timbulnya Alergi pada Kulit

  • Alergi terhadap Makanan

Makanan tertentu terkadang bisa menimbulkan alergi pada Anak. Reaksi bisa terjadi berupa bibir, lidah, dan saluran pernapasan mengalami pembengkakan atau bisa juga gangguan pencernaan. Hal yang sering terjadi adalah biduran atau ruam pada kulit bahkan beberapa orang mukanya dipenuhi jerawat. Lebih parah lagi ada yang sampai seperti terkena cacar air. Jangka respons alergi bisa dalam satuan jam atau hari. Terkadang dalam jangka dua jam, kulit segera gatal dan kemerahan. Secara umum, makanan yang menimbulkan alergi adalah makanan yang mengandung protein seperti telur, susu, seafood, kacang-kacangan, dan gandum.

  • Alergi terhadap obat tertentu

Obat tertentu terkadang bisa memicu pelepasan histamin sehingga kulit menunjukkan reaksi alergi. Umumnya, obat-obatan yang menimbulkan alergi adalah berjenis antibiotik atau antivirus. Terkadang dokter akan memberi antibakteri untuk mengobati penyakit tertentu, tetapi bisa saja seseorang tidak cocok dengan antibakteri tersebut. Hal ini bisa ditimbulkan dengan kulit yang melepuh, gatal, dan berair. Respons alergi ini tidak merujuk pada seseorang pernah atau tidak memiliki riwayat alergi dari keluarganya.

  • Alergi akibat suhu yang rendah

Suhu dingin bisa saja membuat alergi pada kulit. Gejala umum yang timbul adalah gatal-gatal dengan muncul bintil-bintil kecil yang sering disebut dengan biduran. Terkadang ketika kulit kembali hangat malah semakin menjadi. Biduran pada kulit akan terasa sering untuk digaruk sehingga kulit bisa robek. Selain kulit yang bisa ditimbulkan adalah bibir membengkak.

  • Kulit kontak dengan bahan kimia

Jenis alergi ini ditimbulkan akibat kulit terkena bahan kimia tertentu. Tidak semua orang bisa alergi, hanya beberapa orang yang mengalami hipersensitivitas pada kulit. Gejala yang timbul dapat berupa gatal lalu muncul bercak-bercak merah. Lambat laun bisa membengkak, berbintil dan melepuh. Jika semakin lama dibiarkan, kulit dapat menjadi kering, bersisik atau bisa juga kulit tampak retak. Reaksi alergi ini dapat menyebar ke kulit yang lain. Jenis bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi ini seperti deterjen, pembersih lantai, pestisida, getah tanaman, kosmetik, cat, parfum, bahkan logam seperti logam mulia dan bahan nikel juga bisa menjadi pemicunya.

Begitulah riwayat alergi seseorang yang menyerang kulit. Jika Anda sudah mengetahui alergi terhadap sesuatu, sebaiknya berhati hati karena apabila Anda mengulangi lagi sama saja Anda memasuki kandang serigala yang lapar. Semoga bermanfaat!

Deskripsi : riwayat alergi cukup banyak ditemukan di kulit dan penyebabnya pun bermacam macam mulai dari suhu sampai makanan.

admin