Kandungan Nutrisi yang Harus Ada di Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun ke Atas
Lifestyle

Kandungan Nutrisi yang Harus Ada di Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun ke Atas

Anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, apalagi di usia 5 tahun ke atas. Selain berasal dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi, kebutuhan nutrisi ini juga dapat diperoleh dari susu. Saat ini sudah ada banyak sekali susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu apakah susu tersebut mengandung bahan-bahan penting seperti berikut ini.

Kandungan Nutrisi yang Wajib Ada Pada Susu Anak

  1. Protein

Nutrisi pertama yang wajib ada di susu anak adalah protein. Sudah tidak bisa dibantahkan lagi bahwa anak sangat membutuhkan protein untuk tumbuh kembangnya. Bahkan, usia 5 tahun ke atas memiliki jumlah kebutuhan protein lebih banyak daripada orang dewasa. Protein berfungsi untuk menopang pertumbuhan, memperkuat sistem imunitas tubuh, dan juga sebagai neurotransmiter.

  1. Omega 3

Sepertinya nutrisi yang satu ini sudah selalu hadir di setiap produk susu anak. Tak heran, manfaat dari omega 3 ini memang sangat penting untuk anak. Hal ini karena omega 3 tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus disuplai dengan asupan tambahan seperti susu. Beberapa manfaat dari omega 3 antara lain meningkatkan kecerdasan, memperkuat kesehatan mental, mencegah terserang berbagai penyakit, dan juga bisa meningkatkan kemampuan membaca.

  1. Omega 6

Seperti halnya omega 3, omega 6 pun tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus mendapatkan masukan dari makanan atau minuman. Dari segi manfaat mungkin hampir sama dengan omega 3, yakni meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir dan juga dapat mengurangi gejala beberapa penyakit. Selain itu, omega 6 juga bisa mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah.

  1. Minyak Ikan

Jika Anda hendak membeli susu untuk anak, pastikan susu tersebut memiliki kandungan minyak ikan karena banyak sekali manfaatnya. Beberapa manfaat tersebut antara lain mengurangi asma, memperbaiki kualitas tidur, memperbaiki kesehatan otak, mengatasi gejala depresi, dan juga mengurangi perilaku agresif dan antisosial.

  1. Zat Besi

Selanjutnya adalah zat besi. Zat besi berperan penting dalam mencukupi suplai sel darah merah pada tubuh. Selain itu, zat ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah anak terkena beberapa penyakit. Apabila kebutuhan akan zat besi tercukupi, kemungkinan anak terkena anemia akan menjadi lebih kecil.

  1. Vitamin A

Siapa yang tidak tahu fungsi krusial vitamin A bagi tubuh? Apalagi untuk anak-anak. Vitamin A berperan sangat penting terhadap kesehatan mata. Selain itu, vitamin ini juga memiliki fungsi lainnya seperti menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko terkena kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Selain kandungan di atas, sebenarnya masih ada banyak zat lain yang tidak kalah pentingnya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin D, kalsium, dan prebiotik. Jadi, sebelum memutuskan membeli susu untuk anak, akan lebih baik jika Anda mengecek terlebih dahulu pada kandungan nutrisi yang biasa tertulis di bagian belakang kaleng.