Etika Bertukar Kartu Nama yang Harus Anda Ketahui

Etika Bertukar Kartu Nama yang Harus Anda Ketahui

Kartu nama sudah menjadi alat komunikasi yang berisi informasi data diri atau perusahaan. Bagi seorang pebisnis kartu nama sangat diperlukan untuk berkenalan dengan rekan bisnis. Setelah Anda buat kartu nama ada etika yang perlu Anda perhatikan sebelum bertukar kartu nama. Bagaimana cara bertukar yang baik?

Membawa Kartu Nama Setiap Saat

Pastikan Anda membawa kartu nama setiap saat dan bawalah dalam jumlah yang banyak. Kenalan bisa datang dimanapun dan kapanpun jadi, ketika tiba-tiba Anda ingin berkenalan Anda sudah membawa kartu nama. Jika Anda bertemu dengan kenalan namun kartu nama habis tentu Anda akan terlihat tidak profesional.

Menyimpan Ditempat yang Aman

Sebaiknya Anda.mempunyai kotak khusus untuk meletakan kartu nama. Jangan letakan kartu nama di dompet atau dimasukan ke dalam saku belakang celana Anda. Cara Anda memperlakukan kartu nama sama dengan cara Anda memperlakukan seseorang.

Selain terlihat lebih sopan, menyimpan kartu nama di dalam kotak khusus juga akan melindungi kartu nama agar tidak kotor dan basah. Ada beberapa desain kotak kartu nama yang bisa Anda beli di toko-toko.

Prioritas Atasan Terlebih Dahulu

Jika Anda bertemu rekan bisnis dengan kondisi tidak sendiri atau bersama orang lain pastikan Anda memberikan kartu nama sesuai dengan jabatan terlebih dahulu. Berikan kartu nama kepada atasan terlebih dahulu kemudian baru kepada bawahannya.

Hal ini penting agar mengetahui siapa yang berhak mengambil keputusan pada saat diadakan pertemuan. Jika Anda sebagai tamu atau tuan rumah juga akan menentukan urutan yang berbeda.

Ketika Anda menjadi tamu maka sebaiknya menawarkan kartu nama terlebih dahulu. Namun, jika Anda sebagai tuan rumah atau posisi Anda lebih rendah daripada penerima sebaiknya Anda menunggu mereka menawarkan atau memberi kartu nama kepada Anda.

Berjabat Tangan

Saat Anda bertemu dengan rekan bisnis yang baru berikanlah kesan sopan. Cobalah berjabat tangan terlebih dahulu dengan benar dan pastikan Anda tersenyum saat berjabat tangan Perkenalkan diri Anda dengan menyebutkan nama yang jelas. Jagalah kontak mata dengan lawan bicara Anda.

Memberikan dengan Cara yang Sopan

Berikanlah kartu nama Anda kepada rekan bisnis dengan menggunakan tangan kanan. Jangan gunakan tangan kiri untuk memberikan kartu nama. Anda juga bisa menyerahkan kartu nama menggunakan kedua tangan Anda. Pastikan tulisan yang ada pada kartu nama menghadap ke penerima agar bisa langsung terbaca.

Dilarang Mencoret Kartu Nama

Sebelum memberikan kartu nama pada rekan bisnis Anda bisa menambahkan catatan pada kartu nama Anda sendiri. Namun, jangan melakukan hal yang sama pada kartu nama yang rekan bisnis berikan kepada Anda. Hal ini akan membuat Anda terlihat tidak profesional.

Melakukan Follow-up di Tempat

Setelah Anda menerima kartu nama dari rekan bisnis Anda, buat kartu nama tersebut terlihat berkesan untuk Anda dengan cara memberikan komentar tentang informasi bisnis yang ada pada kartu nama tersebut.

Sebelum rekan bisnis Anda pergi ada baiknya Anda meletakan kartu nama yang dia berikan diatas meja atau Anda juga bisa memegangnya terlebih dahulu agar tetap terlihat oleh rekan bisnis. Hal ini akan membantu Anda mengingat nama rekan bisnis Anda dan menunjukan Anda sedang memperhatikan dia.

Kartu nama mungkin adalah sebuah barang yang sepele. Namun, dalam dunia bisnis kartu nama akan menjadi sebuah tanda kehormatan bagi rekan bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda memiliki kartu nama yang menarik dan berisi informasi singkat yang detail.

Nah setelah Anda mengetahui bagaimana etika memberikan kartu nama yang baik, jangan sampai Anda salah bertukar kartu nama. Jika Anda ingin buat kartu nama yang menarik kunjungi website fastwork.id untuk mendapatkan desain terbaik.

admin