7 Tips Ampuh Hilangkan Stres Saat Hamil

7 Tips Ampuh Hilangkan Stres Saat Hamil

Merasa tertekan atau stres saat hamil dapat memicu dampak negatif pada kesehatan ibu dan janin yang ada dalam kandungan. stres biasanya diakibatkan karena ibu hamil terlalu banyak pikiran atau kecapekan dalam beraktifitas. Disarankan bagi ibu hamil untuk menghindari hal-hal yang nantinya membuatnya stres. Bagaimana cara menghilangkan stres saat hamil? Daripada penasaran, ikuti beberapa tips ampuh hilangkan stres saat hamil. Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Mengubah gaya hidup

Mengubah aktifitas sehari-hari perlu dilakukan oleh ibu hamil, dalam kondisi hamil tidak bisa dipaksakan melakukan aktifitas seperti sedia kala saat sebelum ada kandungan. Sebisa mungkin hindari tekanan fisik yang mengakibatkan ibu hamil merasa kecapekan. Selain itu, atur waktui istrahat yang cukup, bila perlu mengambil cuti kerja untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi yang ada dalam kandungan.

  1. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan pastinya sangat dibutuhkan, dalam kondisi normal saja sangat membutuhkan konsumsi makanan sehat, terlagi dalam kondisi hamil. Dalam kehamilan asupan makan yang dikonsumsi oleh ibu tidak hanya masuk pada ibunya saja, melainkan memiliki peran penting pada perkembangan janin yang ada dalam kiandungan. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mengkonsumsi banyak makanan bernutrisi tinggi dan gizi yang pastinya sangat baik untuk perkembangan calon bayi.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga rutin saat masa kehamilan memiliki banyak manfaat positif untuk menjaga kebugaran ibu hamil. Olahraga udah terbukti dapat merangsang hormon seseorang menjadi bahagia. Selain menyehatkan badan, olahraga juga menyehatkan pikiran, khususnya untuk ibu hamil yang dilarang keras mengalami tekanan fisik ataupun pikiran.

  1. Memanjakan diri

Kehamilan merupakan moment yang di idamkan oleh setiap keluarga baru. Namun juga menjadi pikiran bagi seorang wanita, dimana menyiapkan mentalnya untuk menjadi seorang ibu baru. Luangkanlah waktu Anda untuk memanjakan diri agar terhindar dari tekanan atau stres. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan menikmati masa kehamilan. Bisa melakukan kuliner, berbelanja, dan jalan-jalan kemana Anda mau. Namun jangan lupakan mengenai kesehatan, jangan terlalu diforsir hingga kelelahan dan jatuh sakit.

  1. Mengambil kelas kehamilan

Disarankan sekali untuk ibu hamil untuk mengikuti kelas kehamilan, dimana akan dijelaskan dan diberi gambaran mengenai fase-fase kehamilan, solusi jika terjadi suatu hal negatif saat kehamilan, tekhnik-tekhnik untuk menghadapi persalinan, yang terpenting membantu ibu hamil untuk menguatkan mental saat proses persalinan. Dikarenakan pengetahuan yang luas mengenai persalinan akan memudahkan prosesnya.

  1. Ngobrol dengan suami

Dalam rumah tangga, segala sesuatu pastinya dibicarak berdua dengan suami, begitu pula mengenai kehamilan, terlagi akan kehadiran seorang anak yang pastinya menjadi tanggung jawab berdua. Sebisa mungkin ajaklah suami untuk terlibat dalam proses kehamilan, selalu curahkan isi hati Anda kepada suami mengenai unek-unek atau keinginan Anda. Hal tersebut akan membantu mengurangi rasa stres. Sebagai saran, seorang suami diwajibkan untuk memperbanyak pengetahuan mengenai kehamilan dan persalinan agar suami selalu sigap dalam menanggapi segala hal yang terjadi pada ibu dan calon bayi yang ada dalam kandungan.

  1. Edukasi diri

Dalam masa kehamilan, ibu hamil diwajibkan mencari banyak referensi mengenai kehamilan dan mengetahui mengenai proses persalinan. Perbanyaklah pengetahuan mengenai kehamilan dan persalinan untuk mengurangi tingkat stres. Hal-hal tersebut bisa Anda lakukan dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, mengikuti kelas hamil, informasi internet, dan juga belajar dari pengalaman orang di sekiatar yang sudah pernah menjalani proses persalinan.

Nah, dari beberapa ulasan mengenai tips ampuh hilangkan stres saat hamil di atas, bisa Anda praktikkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Jangan lupa untuk para suami juga harus ikut terlibat dan sigap dalam meminimalisir segala sesuatu yang terjadi pada ibu dan calon bayinya. Perbanyaklah pengetahuan mengenai persalinan untuk menguatkan mental.

admin