5 Makanan yang Mampu Cegah Kanker Paru-Paru, Apa Saja?

5 Makanan yang Mampu Cegah Kanker Paru-Paru, Apa Saja?

Kanker sejak dulu merupakan momok yang mengerikan untuk seluruh manusia. Ada banyak jenis kanker yang ada di dunia. Salah satunya adalah kanker paru-paru. Gaya hidup kurang sehat seperti merokok dan mengonsumsi sembarang makanan adalah salah satu penyebab utama. Untuk mencegahnya, Anda bisa coba terapkan gaya hidup sehat dan konsumsi ini!

  1. Brokoli

Salah satu bahan makanan yang mampu mencegah Anda terserang kanker paru adalah brokoli. Brokoli mengandung sulforaphane yang berfungsi sebagai pelawan kanker paling kuat yang ditemukan di dalam makanan. Selain itu, ia juga mengandung zat indole 3 carbinol yang berfungsi sebagai pembersih. Ia juga bisa memperbaiki kerusakan karena karsinogen.

  1. Paprika

Selain brokoli, bahan makanan lain yang bisa membantu cegah kanker ini adalah paprika. Paprika yang berwarna merah atau oranye adalah pilihan terbaik. Ia mengandung beta cryptoxanthin yang tinggi. Menurut penelitian, mengonsumsi zat ini secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker hingga 37% pada perokok sekalipun.

  1. Kedelai

Kedelai juga bisa membantu Anda dalam mencegah kanker ini. Hanya saja, dalam hal ini wanitalah yang jauh lebih terbantu bila mengonsumsinya. Sebab, ia memiliki efek yang bisa menimbulkan efek estrogen. Estrogen sendiri adalah hormon wanita yang dapat mendorong pertumbuhan tumor pada paru-paru. Dengan mengonsumsi ini, wanita bisa terhindar.

  1. Bayam

Jika Anda adalah mantan perokok, mengonsumsi sayuran dengan kandungan asam folat tinggi serta vitamin B sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh dan melindunginya dari karsinogen yang ada dalam tembakau. Sayuran seperti bayam adalah sumber asam folat yang tinggi. Rutin mengonsumsi bayam setiap harinya bisa menurunkan risiko kanker hingga 40%.

  1. Bawang Putih

Bawang putih yang lebih dikenal sebagai bumbu masakan ternyata juga sangat baik untuk mencegah kanker paru. Bawang putih mengandung zat diallyl sulphide yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi bawang putih dua hingga tiga kali dalam seminggu dan dalam keadaan mentah bisa menurunkan risiko kanker hingga lebih dari 40%.

  1. Buah Pir dan Apel

Buah pir dan apel ternyata juga baik untuk mencegah kanker ini. Keduanya mengandung senyawa phloretin yang mampu mengganggu aktivitas tumor di dalam tubuh. Tak hanya itu, ia juga bisa menekan pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan efek anti kanker cisplatin. Dua jenis buah ini juga umum dikonsumsi orang yang jalani terapi kanker yakni kemoterapi.

Itulah beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi bila Anda tak mau terkena kanker paru-paru. Sebenarnya, masih banyak bahan makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk cegah kanker ini. Namun, itu semua tak akan berguna kalau Anda tidak terapkan gaya hidup sehat dan berolahraga. Selain itu, berhentilah merokok dan konsumsi alkohol bila mau sehat.

admin